a firm fondation

Entah dari siapa, aku pernah dengar, ‘bangunlah fondasi yang kuat dari batu-bata yang orang-orang lemparkan kepadamu.’

Kurasa siapapun orang yang mengatakannya, tahu benar bagaimana rasanya disepelekan, dikucilkan, bahkan ditinggalkan. Oleh orang yang memperlakukannya dengan kejam, keji, merendahkan, atau bahkan, oleh orang yang bahkan tidak menganggapnya sama sekali.

Iya, rasanya seperti mereka melemparkan batu-bata tepat ke wajahmu. Sakit, malu, merasa rendah, dan segumpal perasaan negative lainnya.

Rasakan, rasakan semua perasaan itu hingga ke sumsumnya.

Lalu, saat waktunya tiba, pungutlah semua batu-bata itu dengan tangan bergetar namun kuatmu sendiri. Pungutlah semuanya. Pungutlah semuanya hingga tak tersisa sama sekali.

Darisana, kau bisa mulai membangun fondasi yang kuat. Yang tidak bisa dilewati oleh mereka yang telah melemparimu. Fondasi itu, sebuah dinding kokoh perasaanmu. Yang indah, lembut, mengasihi, dan bahagia. Fondasi yang saking setianya, tidak akan merobohkanmu dari singgahsana.

Fondasi kuat yang juga akan menjadi bukti, seberapa kuatnya dirimu.

Selamat berbahagia, wahai aku dimasa depan.

One response to “a firm fondation

  1. i can’t even to say anything after read this. even, mau mengikutimu aku takut dan aku kadang ragu. Honestly, bingung mau mulai bicara dari segi mana karena dirimu begitu ragu dan dingin. Meskipun itu not bad bagiku mungkin itulah mahkota dan duniamu aku belum mengerti. Tp, seiring waktu yg terus berputar semoga hembusan angin kan selalu melindungimu dan mengizinkanku untuk bisa beljar darimu meski hanya sebatas yg kau berikah. itu tidak masalah, yg terpenting aku bisa belajar darimu agar bisa melengkapi apa yg kurang dari hidup. yd#

    boleh atau tidak, aku hanya berharap dan itu tak byk. someday, i can find it
    🙂

Leave a comment